Sunday 22 April 2012

Males Kerja Abis Liburan

Iseng-iseng buka kompas female, eh gue nemu artikel menarik nih, dan seperti biasa-gue banget pernah mengalaminya, dan gue rasa kalian pun pernah.. Yukk, disimak artikelnya.


5 Arti Bila Malas Kembali Bekerja Seusai Cuti


KOMPAS.com - Setelah waktu cuti berlalu, entah itu untuk liburan atau karena melahirkan, rasa malas bisa saja menyerang. Padahal, di lain sisi, kita juga merasa tertantang untuk segera bergelut dengan rutinitas harian. Menurut pakar psikologi yang juga spesialis di bidang dunia kerja, Dr Mary Casey, rasa malas ini sebenarnya wajar saja dirasakan. Namun, bila perasaan ini ditambah lagi dengan tekanan stres, depresi, atau cemas, ada baiknya Anda mulai mengevaluasi diri.

"Kemungkinan ada masalah dalam pekerjaan yang selama ini mungkin tidak Anda sadari karena sibuk bekerja. Ketika Anda mengambil cuti panjang, kemudian harus kembali bekerja, perasaan negatif ini barulah terasa," jelas Casey. Untuk itu, Casey menganjurkan untuk mulai meninjau kembali karier Anda selama ini di kantor, dengan menerapkan langkah-langkah berikut:

1. Evaluasi kembali tingkat kepuasan bekerja Anda
Sejauh mana Anda merasa bahagia di tempat kerja? "Jika Anda merasa tertantang dalam bekerja dan mendapatkan hasil yang sebanding, lanjutkan. Tetapi jika selama beberapa tahun belakangan ini Anda merasa tidak puas, mungkin Anda harus membuka diri terhadap hal-hal baru," kata Dr Casey. Misalnya dengan memelajari keahlian baru atau pekerjaan yang baru.

2. Lihat relasi Anda dengan sesama rekan kerja
Lingkungan tempat bekerja dapat memberi dampak besar pada kinerja Anda. Bila selama ini Anda selalu dihambat oleh rekan-rekan yang menyusahkan dalam bekerja, Casey menyarankan untuk belajar mengendalikan emosi. "Tetapkan batas yang jelas, berusahalah untuk selalu berlaku profesional," sarannya.

3. Temukan hal-hal positif
Dengan mengetahui berbagai hal positif yang didapat di dunia kerja, Anda akan bisa merasa lebih bersyukur serta bersemangat untuk kembali bekerja. "Namun jika Anda tidak bisa menemukan hal positif sama sekali dari pekerjaan, mungkin ini adalah saat yang tepat untuk berubah," kata Casey.

4. Hentikan kerja lembur
Wajar saja bila Anda malas untuk kembali bekerja bila selama ini hari-hari Anda di kantor selalu diwarnai dengan lembur. Jam kerja yang terlalu lama akan membuat Anda rentan terhadap stres dan juga kelelahan. Untuk itu, Anda perlu meneliti lagi pekerjaan apa saja yang selama ini dikerjakan. "Tanyakan pada atasan bila perlu, mengapa pekerjaan itu didelegasikan pada Anda. Begitu juga bila beban pekerjaannya berlebihan," kata Casey. Atau jangan-jangan selama ini Anda sering melakukan pekerjaan untuk orang lain? Bila demikian, hentikan mulai sekarang agar Anda bisa bekerja dengan lebih efektif dan produktif.

No comments:

Post a Comment

For Sale: Barang2 Sisaan Wedding dulu

Setelah sekian lama gak nulis apa-apa, tiba-tiba nulis dengan maksud jualan :D Gw ada beberapa barang yang mungkin saja kalian perlu. Ta...