Monday, 29 February 2016

Benda-Benda Rohani Untuk Pernikahan Katolik

Semoga gak ada yang protes ya karena hal kecil kayak gini gue bikin satu tulisan terpisah hihihi... Benda-benda rohani dan hubungannya dengan pernikahan Katolik apa sih? Jadi gini, sejauh gue suka datang ke acara pemberkatan pernikahan kerabat yang dilangsungkan di gereja Katolik, selalu ada sesi dimana orang tua menyerahkan benda-benda rohani kepada sepasang mempelai. Seperti yang gue kutip dari teks misa pemberkatan pernikahan, gunanya adalah:

"Anak-anakku terimalah Kitab Suci ini, yang berisikan Sabda Tuhan sendiri untuk membangun hidupmu berdua. Bacalah, renungkanlah dan laksanakanlah pesan-pesannya. Niscaya hidupmu berdua akan dipenuhi dengan rahmat kasih Allah, dan memancarkannya kasih Allah itu dalam setiap langkah kehidupanmu."

"Anak-anakku, terimalah Salib dan Rosario ini. Pandanglah dan pakailah untuk berdoa. Baik di saat suka maupun di saat duka. Niscaya kegembiraanmu akan berubah menjadi kebahagiaan yang tak dapat diambil dari hidupmu, dan dukamu akan menjadi ketabahan penuh pengharapan dan penghiburan. Dan doa-doamu akan semakin berkenan kepada Tuhan."

Tapi sering kali benda-benda ini kadang terlupakan hehehe, dicari paling belakangan pas waktu udah mepet banget. Tahu hal ini lumayan penting, gue coba cari tahu sejak dini apa saja yang diperlukan. Tempat yang tepat untuk mencari benda-benda rohani yang lumayan lengkap setau gue adalah Toko Obor - Gunung Sahari. Terakhir kali ke Toko Obor beberapa tahun lalu, gue lihat ada satu rak yang memajang paketan benda rohani lengkap dengan box dan hiasan. Cocok banget untuk yang mengincar kepraktisan hehehe...

Paket benda-benda rohani yang dijual di Toko Obor.

Kebetulan minggu lalu, setelah selesai ambil surat pembaharuan baptisnya L di Gereja Kramat, masih ada waktu untuk mampir ke Toko Obor. Sampai disana kita langsung ke lantai 2 yang khusus menjual benda-benda rohani. Pas lihat-lihat kebagian paket yang gue bilang diatas, ternyata harganya menurut kita agak tinggi, jadi gue putuskan untuk beli satuan aja supaya lebih hemat (karena tanpa box dan hiasan bunga-bunga itu).

Lalu, apa saja yang harus dibeli?
1. Alkitab Deuterokanonika Pernikahan
2. Salib Kristus
3. Sepasang Rosario
4. Patung Keluarga Kudus
5. Lilin (optional)
6. Puji Syukur (optional)

Puji Syukur dan lilin itu gak mesti ada sih, cuma sebagai pelengkap aja. Gue juga baca di blog sebelah ada juga yang ditambahin buku doa. Ohya, untuk membeli Alkitab dan Puji Syukur kita harus ke toko yang di lantai satu ya, nanti digabung bonnya gak apa-apa hehehe...

Benda rohani yang kami beli.
Setelah selesai berbelanja di Toko Obor, gue dan L pun kelaperan berat hehehe (maklum udah lewat jam makan siang) dan untuk mendiamkan cacing di perut pun akhirnya kita beli makan di depan Toko Obor. Banyak tukang makanan di gerobak gitu, gue makan Mie Ayam dan L nasi goreng. Setelah makan makanan berat, kita pun lanjut jajan es goyang yang enak banget! iya enak banget, mungkin efek udah lama gak jajan es goyang kali ya...

Segitu aja tulisan kali ini, semoga membantu ya informasinya, khususnya untuk yang lagi sama-sama mempersiapkan pernikahan :)

Toko Rohani Obor
Alamat: Jl. Gunung Sahari no. 91, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10610
Telepon:(021) 4222396

2 comments:

  1. Gue juga beli di obor dulu.. hehehe... lengkap n banyak pilihan sih.. iya disana enak ya uda ada yg paket gt cuma g dulu juga belinya satuan krn g ga beli rosario lg, krn qt uda punya rosario kesayangan masing2. Hehehe.. jd drpd byk rosario malah ga kepake ya pake yg ada aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ternyata kita beli di tempat yang sama ya hihihi... Terakhir rosario gue hilang entah dimana jadi memang harus beli yang baru :(

      Delete

Sampai Nanti

Hola semuanya,  Entah sudah berapa lamanya ya gak nulis disini. Sudah ganti bulan banyak banget, malah sudah ganti tahun juga.  Gue j...