Thursday, 27 August 2015

Terpesona Keindahan Waduk Sermo

 Jika pas liburan kemarin nggak ada agenda ke Kalibiru, mungkin aja gue gak akan pernah tau tempat seindah Waduk Sermo. 
Soalnya pasti nggak ada yang nyangka kalau di balik perbukitan Menoreh, tersembunyi Waduk Sermo menyimpan keindahan yang sayang banget untuk dilewatkan. 



Waduk Sermo merupakan salah satu objek wisata alam di Kabupaten Kulon Progo - Yogyakarta. Waduk ini terletak di Bukit Menoreh, tepatnya di Dusun Sermo, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap. Sama seperti waduk lainnya, Waduk Sermo memiliki fungsi sebagai kolam penyimpan atau pembendungan sungai Ngrancah yang bertujuan untuk menyimpan air. Selama ini Waduk Sermo dimanfaatkan sebagai sumber air bersih oleh PDAM dan untuk air irigasi yang mengairi sawah di daerah Wates dan sekitarnya.

Sebelum berangkat kesini gue udah cari-cari informasi dari internet, beruntungnya cukup banyak juga teman-teman blogger yang bahas seputar rute dan perjalanan menuju kesini jadi gue gak buta-buta bangetlah. Akses menuju obyek wisata Waduk Sermo dari pusat kota Yogyakarta berjarak kurang lebih 50km atau bisa ditempuh 1 jam perjalanan dengan kendaraan bermotor ke arah Wates. Kemarin ini sebelum masuk ke kota Wates, tepatnya dipertigaan dekat Stasiun Sentolo gue ngelihat ada plang bertuliskan Waduk Sermo, belok kanan. Otomatis gue langsung minta yang nyopirin berbelok ke arah kanan. Jalan yang kita lewatin aspalnya mulus banget tapi sepi karena jarang orang yang lewat. 

Nah setelah melewati jalan aspal mulus itu, gak lama jalanan berganti dengan jalan berbatu yang dikelilingi hutan, gue masih aja cuek bebek dan santai sambil coba beberapa kali ambil gambar pakai handphone. Soalnya gue baca diinternet juga gitu, kalau lewat jalan alternatif (sebelum kota Wates) nanti bakalan lewatin jalan berbatu kayak gini. Cuma kalau gue gak salah inget artikel yang gue baca tuh bilang jalan berbatunya sebentar, tapi kok yang gue lewatin lama banget ya kayak gak ada tanda-tanda akan berakhir *mulai panik* lalu gue pun langsung mengambil ancang-ancang untuk mengoperasikan GPS (Gangguin Penduduk Sekitar) hehehe... kebetulan ada Bapak yang lagi naik motor di arah berlawanan, dia kasih tau kalau sebentar lagi kita akan sampai ke Waduk Sermo, tinggal ikutin jalan aja. Seketika hati tenang, damai, sentosa setelah mendengar kata-kata si Bapak tadi, berarti kita gak nyasar. 

Jalan berbatu yang terlihat seperti tidak berujung.
Setelah melewati jalan berbatu, petunjuk jalan yang menunjukan arah ke Waduk Sermo dan Kulon Progo mulai bermunculan. Gak lama setelah itu kita bakalan ketemu Pos Restribusi, kita diharuskan membayar sebesar Rp 3.000,- (untuk mobil) dan Rp 3.000,-/orang, cukup murah bukan? Tidak perlu waktu lama, Waduk Sermo yang kami tunggu-tunggu pun ada sudah terlihat di depan mata.

Menikmati keindahan Waduk Sermo saat matahari tepat diatas kepala, panasnyoooo....
Infonya Waduk Sermo juga sering digunakan untuk olahraga dayung loh.
Bentangan Waduk Sermo sangatlah luas, genangan airnya saja lebih dari 157 hektar.
Waduk ini mampu menampung air hingga 25 juta meter kubik.
Perbukitan Menoreh :)
Menara pos pantau ketinggian debet air.
Tau gak kalau ternyata Waduk Sermo ini pembuatannya memakan waktu selama 2 tahun 8 bulan dan
diresmikan pada tanggal 20 November 1996 oleh Presiden Soeharto.
Masih gak percaya kalau Indonesia itu indah?
Semakin banyak tempat yang gue kunjungi, gue makin cinta sama Indonesia. 
Rasanya sayang banget ya negeri seindah ini suka dipandang sebelah mata atau dinomor-duakan bahkan dibanding-bandingkan dengan 
keindahan negeri tetangga oleh bangsanya sendiri. Padahal Indonesia itu indah loh, banyak tempat yang belum terjamah. 

Harapannya, semoga pariwisata di Indonesia semakin hari maju, semakin dikembangkan, diperhatikan juga kelestarian tempat wisatanya. Supaya semakin menarik perhatian para travellers dalam negeri maupun luar negeri. Kita juga bisa ikut serta melestarikan keindahan alam Indonesia juga loh. Sederhana kok, cukup dengan tidak buang sampah sembarangan yah. Selamat jalan-jalan!

P.S:
Yang belum baca bagian pertama dan kedua, silahkan kunjungi link dibawah berikut:

4 comments:

  1. Van, ternyata masih banyak yang tempat di jogja yang belum pernah gua explore. abis kalo ke jogja gua jalannya kesitu lagi,, kesitu lagi. hehehehe.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya pi.. gue juga masih penasaran pengen explore ke daerah Gunung Kidul pi... Pantainya indah-indah :)

      Delete
  2. Menarik sekali artikelnya, jadi ingin berlibur ke Waduk Sermo jadinya hehe

    ReplyDelete

Sampai Nanti

Hola semuanya,  Entah sudah berapa lamanya ya gak nulis disini. Sudah ganti bulan banyak banget, malah sudah ganti tahun juga.  Gue j...