Tuesday 18 August 2015

Berbagi Kasih di PA. Santa Maria Ganjuran

Berbekal sepotong kalimat berisi saran dari teman gue, akhirnya gue mantap menyisipkan agenda untuk berkunjung ke Gereja Hati Kudus Tuhan Yesus di Ganjuran. Gue pikir gak ada salahnya juga kalau beberapa jam waktu liburan diisi dengan Wisata Rohani. 
Perjalanan dari Guesthouse yang berada di daerah seputaran Prawirotaman menuju Ganjuran bisa dibilang tinggal lurus aja, dijamin gak bakalan nyasar. Nanti setelah berkendara kurang dari sejam, terlihat plang Sekolah Kanisius di kanan jalan, dari situ silahkan menikmati pemandangan rumah-rumah warga khas perdesaan di sepanjang jalan aspal kecil menuju Gereja. 

a
Pintu masuk Gereja HKTY, dari tampak luar sudah tergambar kan bahwa unsur budaya Jawa sangat kental disini.
Gereja yang lebih dikenal dengan sebutan "Gereja Ganjuran" ini didirikan pada tanggal 16 April 1924
dan merupakan Gereja tertua di Bantul sampai saat ini.
Gedung gereja dibuat dengan gaya joglo dan dihiasi dengan ukiran gaya Jawa.
Bahkan karena keunikan dalam arsitekturnya ini, seorang Ilmuan Belanda menyatakan bahwa Gereja Ganjuran
mungkin merupakan manifestasi penyesuaian Gereja Katolik di Jawa yang paling menonjol.

Relief Jalan Salib terdapat di salah satu sisi gereja
Para penziarah yang sedang berdoa. Suasana begitu hening dan hikmat.
Setelah mengambil waktu untuk berdoa sejenak, hati kecil kami seakan mendorong untuk bertanya ke salah satu penjaga koperasi gereja mengenai PA. Santa Maria Ganjuran yang lokasinya persis sebelum pintu masuk gereja. Dan oleh Ibu penjaga koperasi kami ditunjukan sebuah 'jalan pintas' yang menghubungkan gereja dengan panti asuhan tersebut.

Lewat sini!
Kami masuk dari pintu samping yang menghubungkan panti dengan gereja
Gua Maria di dalam panti.
Suasana di dalam lingkungan komplek PA. Santa Maria ini begitu tenang. Banyaknya pepohonan dan tanaman bunga juga membuat lingkungan panti menjadi asri dan indah. Gak lama setelah menunggu, gue dan rombongan ditemai Suster Emma untuk berkeliling komplek panti sambil mengobrol. Beliau menceritakan bahwa PA Santa Maria ini sudah berdiri sejak tahun 1936 dimana para suster CB yang berkarya didalamnya. Ada 30 anak yang tinggal di panti dan semuanya perempuan, ketika kami bertanya mengapa sedikit anak yang tinggal disini, Suster hanya menjawab "Tuhan hanya kasih segini, masa kami tolak? yang mendampingi hanya sedikit, jika anaknya terlalu banyak bagaimana kami dapat membagi kasih?" 

Suster Emma juga menunjukan kami sebuah bangunan yang ternyata adalah penginapan yang disewakan bagi penziarah yang ingin bermalam. Bentuk bangunannya sederhana dan tidak berlebihan. Kamar yang disediakan pun cukup banyak dan dilengkapi dengan 2 ranjang susun, cocok bagi siapa saja yang ingin bermalam bersama keluarga besar atau rombongan. Tarif menginap pun tidak mahal hanya sebesar Rp 200.000,- sd Rp 250.000,- per malamnya. 

Hati kami pun terketuk untuk membagi sedikit berkat yang kami punya untuk anak-anak disini. Walaupun gak seberapa, kami yakin akan bermanfaat sekali bagi mereka. Di akhir perbincangan, Suster Emma berterima kasih atas kunjungan kami kali itu dan memohon doa untuk kelancaran jalannya rencana bakti sosial yang akan mereka adakan bulan Agustus ini. 

Akhir kata, semoga postingan ini bukan hanya sekedar untuk berbagi pengalaman liburan saja, juga harapannya bisa mengetuk hati siapa saja untuk saling peduli dengan sesama yang membutuhkan. Cara kita mungkin berbeda-beda tapi intinya tetap tujuannya sama yaitu untuk kebaikan, semangat ya... selama kita masih diberikan kesempatan!


PA Santa Maria Ganjuran
Bantul Yogyakarta 55700
Tlp. 0274-6994370/ Fax. 0274-367482
Email: pasantamariaganjuran@gmail.com

6 comments:

  1. Cakep gerejanya :) Emang kebanyakan Gereja dan PA gitu dibikin asri ya krn banyak pohon. Berdoa jadi lebih khusyuk hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya kesulitan menghubungi no telp PA SMG.. apakah bisa dibantu nomor telpon PA atau direct pengurus PA? Tks

      Delete
    2. Halo, coba hubungi lewat email dulu ya. Saya jg cuma tau nomor tlp tsb. Trims.

      Delete
  2. Anak2 disana bisa diadopsikah?

    ReplyDelete

For Sale: Barang2 Sisaan Wedding dulu

Setelah sekian lama gak nulis apa-apa, tiba-tiba nulis dengan maksud jualan :D Gw ada beberapa barang yang mungkin saja kalian perlu. Ta...