Friday, 27 May 2016

Sepekan Lagi

Halo semuanyaaa....

Tinggal menghitung mundur beberapa hari lagi menuju hari yang ditunggu-tunggu *ciehhhh*

Rasanya?

Pengen buru-buru hari itu segera datang dan berlalu indah hihihi

Dua minggu belakang ini, jadi minggu-minggu paling sibuk, paling capek, sekaligus paling berat (berat keluarin uang dari kantong  maksudnya huahahaha, buat bayar vendor-vendor kami)

Ohya, gue belom apalain janji nikah nih!!! Males gitu bawaannya zzz, cuma satu paragraf sih cuma kan harus dimaknai sungguh-sungguh ya! Semoga aja dapat moodnya, bisa rasain feelnya, dan siap mempertanggung jawabkannya seumur hidup.

Soal undangan, sudah 95% terkirim semua. Puji Tuhan, nggak ada drama dibagian yang satu hihi... Final fitting di bridal dilakukan di minggu ini, ah khawatir nih body gue melebar hahaha karena napsu makan akhir-akhir ini meningkat hahaha mana makan nasi banyak pula *panik, panik* Apalagi ya? Dekor juga TM di minggu ini, kita juga test food terakhir di minggu ini. Kue pengantin udah beres juga, desain backdrop & frame photobooth udah confirm semua juga. Haleluyah!

Yang nanyain kabar souvenir gue, hahaha rasanya gue juga gak percaya deh, dari total 430pcs yang baru rampung cuma 130pcs huahahhaa... Cuma tinggal pasang thank you card sama pita doang sih, semangat kakaaakkk...!!!

Urusan di Gereja, juga kita udah ngerti semua apa yang harus kita siapkan, minggu depan kita dapat jadwal GR. Untuk catatan sipil, kita baru daftarin setelah resepsi, tapi siapin surat-surat udah mulai dari sekarang. Jadi sekarang itu ada peraturan baru dimana catpil (daftar & sidang) harus hari kerja, gak bisa Sabtu/Minggu lagi *cmiiw*

Soal honeymoon, akhirnya tujuan kita ke Pulau Honeymoon sejuta umat alias Bali... Udah lewat sih masa-masa sedih penuh penyesalan kara gak jadi ke Labuan Bajo hihihi mungkin belum berjodoh aja nih, semoga masih ada kesempatan dilain waktu. Tapi dasar rejeki gak kemana, kami dapat "hadiah tambahan" berupa fasilitas leyeh-leyeh yang mayan bangetttt di waktu honeymoon kami, nanti gue ceritain detailnya ya hihi...

Uhm...kayaknya segitu dulu update-an gado-gado, yang mana gue sendiripun pusing bacanya hahaha... Ets, gak lupa gue selalu mohon doa dari kalian yang baca ya! Semoga semuanya lancarrr jaya ^^ amin...

Wednesday, 18 May 2016

[DIY Wedding Stuffs] : Buku Misa Pemberkatan

Untuk buku misa pemberkatan/ holy matrimony book, gue buat sendiri. Mulai dari rapihin teks-nya, bikin cover, ngeprint, sampai jadi sebuah booklet. Dengan membuatnya sendiri, bisa irit beberapa ratus ribu loh - dengan catatan alat dan bahan nebeng fasilitas kantor ;p

Teks Buku Misa
Dapat dari Sekretariat Gereja setelah kami selesai Kanonik. Nama pasangan diisi dengan nama gue dan L, kita juga harus pilih bacaan kitab suci yang mau dibacakan. Setelah kita selesai edit teks-nya jangan lupa diserahkan kembali ke Sekretariat Gereja untuk dikoreksi Romo yang akan memberkati.

Setting Book Fold di Microsoft Office Word
Disini gue contohkan pakai Ms. Word 2007 ya, jadi fungsi book fold ini memudahkan kita dalam membuat "buku lipat", jadi dalam satu kertas bisa menjadi 2 halaman dan halamannya pun akan otomatis diatur oleh fungsi ini.

Langkah-langkahnya sederhana kok:
PAGE LAYOUT >> SIZE >> Pilih Kertas (A4) >> MORE PAPER SIZE >> MARGIN (isi marginnya) >> ORIENTATION (Pilih Portait/ Landscape) >> MULTIPLE PAGES : BOOK FOLD >> OK.


Langkah Pertama

Langkah Kedua

Selesai melakukan pengaturan book fold, waktunya ngeprint deh. Kalau kalian punya printer yang bisa ngeprint otomatis bolak-balik lebih mudah lagi tinggal diatur aja di settingan saat ngeprint. Kalau kalian pakai printer biasa, setelah klik PRINT >> Properties >> Printing Shortcut (disini gue pakai printer HP) >> Pilih 2 (DOUBLE) SIDED PRINTING/ DUPLEX PRINTING

Penggunaan Two Sided Printing/ Duplex Printing ialah untuk mencetak/print halaman pada bagian depan dan belakang kertas, karena pencetakan untuk buku biasanya bolak-balik (halaman 1 di depan dan halaman 2 di belakang). 
Apabila terdapat 8 halaman maka printer akan mencetak hanya 4 halaman saja dan sisanya 4 halaman berikutnya untuk bagian belakang, jadi jika sudah mencetak 4 halaman pertama (setengah buku)  printer akan berhenti otomatis untuk memberikan waktu supaya kita bisa mebalikan kertas untuk pencetakan/print 4 halaman terakhir pada bagian belakang kertas. Sumber informasi dari sini.


Settingan waktu ngeprint


Cover Buku Misa
Setelah ngeprint isinya, gue lanjut buat covernya. Untuk yang gak mau repot, di Toko Buku Rohani seperti Obor atau Immanuel, tersedia cover buku misa yang sudah jadi dengan bahan yang cukup tebal. Teman gue si Mbe, waktu itu beli disana, namun sayangnya dia lupa harganya.


Cover misa teman gue,
thank you Mbe udah mau kirimin foto buku misanya untuk referensi tulisan ini ^^

Tapi dalam rangka pengiritan hihihi, gue akhirnya bikin sendiri covernya. Templatenya ambil dari Google lalu dipercantik sendiri. Hasilnya? Lumayan loh hihihi... selanjutnya baru deh covernya diprint. Berhubung guenya pelit, gak mau ngeprint pakai karton tebal, alhasil gue ngeprintnya juga pakai A4 putih polos biasa. 

Untuk cara men-staples-nya ada cara khusus, jadi setelah halaman buku dirapihkan, lipat dua, gunakan buku tebal untuk alas, stapes bagian tengahnya di dua titik, setelahnya baru rapihkan. Viola...


Sampul depan

Sampul belakang

FYR, gue juga pernah kepikiran buat cetak buku misa ini di percetakan. Untuk kisaran 60 pcs, harga yang ditawarkan adalah Rp 5.000 - Rp 6.000,- per pc dengan spesifikasi bentuknya booklet kayak yang gue bikin diatas, sampul karton tebal dan cetak warna sampulnya, sedangkan cetak untuk isi tetap hitam putih. 

Kembali lagi kepada kebutuhan masing-masing, kalau nggak ada budget dan punya waktu lebih bisa coba dibuat sendiri kayak gue tapi kalau punya budget lebih bisa ke percetakan dan tinggal terima beres. Selamat mencoba :p

Sunday, 15 May 2016

[Vendor Review] : Caramel Wedding Card

Gue mau mulai nyicil vendor review yang udah beres ah, hihihi.. dan review pertama ini adalah untuk.... *drumroll please*

CARAMEL CARD!!!

Kemarin kan gue sempat merahasiakan nama vendor undangan ini, bukan apa-apa sih karena vendor ini terbilang baru dan belum banyak yang review di internet, jadi belum tahu banget apakah hasilnya nanti akan memuaskan atau enggak. Jadi, waktu itu gue sepakat dengan diri gue sendiri *apasih* untuk merahasiakan namanya dulu ke publik, nanti kalau udah terima hasilnya baru review deh :p

Foto amplop depan dan belakang dulu yang dipamer disini, isinya nanti dulu ;p
foto credit: @caramelcard


Respond
Fast Response. Point yang satu ini penting banget!!! makanya gue tulis paling awal hihi... Dari pertama gue dan L ketemuan sama Ko Effendy (owner Caramel Card), kita dilayani dengan baik, whatsapp selalu dijawab cepat. Untuk design awal undangan dan dummy, sempat gue yang nagih duluan sih karena beberapa hari terlambat dari waktu yang dijanjikan, cuma gue pikir masih okelah. Lah emang yang bikin undangan di mereka, gue doank! hahaha...

Creativity
Undangan gue secara garis besar ikutin undangan yang sudah pernah mereka buat. Kayak bunga-bunga yang ada juga persis sama, gak minta dibikinin design yang benar-benar plek baru, soalnya bunga-bunganya gue udah suka. Cuma untuk tema warna dibuat berbeda yaitu krem & pink, tampak amplop depan juga dibuat baru, dan untuk layout isi undangan, gue juga minta dibedakan dari yang pernah dibuat. Sedangkan untuk thank you card dan souvenir card, diberikan contohnya saat approval dummy. Hasil designnya? ihhh suka banget! 

Time Management
Waktu ketemu pertama kali, kita udah dikasih timeline-nya, kapan design undangan selesai, kapan dummy-nya jadi, kapan naik cetak, dan kapan undangannya selesai. Kalau gue gak minta banyak revisi, undangan kita dijanjiin pertengahan Mei udah kelar. Untungnya gue revisi undangan memang cuma sekali doank. Itupun revisi minor sih katagorinya seperti revisi bulan (lah ini mah fatal kalau salah hahaha) dan menambahkan nama lengkap orang tua. Untuk revisian ini, tanpa gue tagih udah dikirim beberapa hari setelahnya. Undangan pun bisa selesai lebih cepat, dijanjiin paling lambat tanggal 15 Mei, eh tanggal 11 udah bisa diambil. Happy dong :D

Printing Result
Memuaskan!!! hasilnya rapih, nggak ada yang cacat, gue menemukan ada beberapa undangan yang kualitas warnanya agak lebih redup dikit dari teman-temannya yang terang, tapi dikit banget kok. Percaya gak percaya, saking sukanya sama undangan sendiri, suka gue pandang-pandangin, sambil elus-elus poly & emboss di depannya hahaha. Untuk yang satu ini, silahkan sebut gue lebay, narsis, or whatever hahaha... *sambil masih ngelus-ngelus undangan sendiri*

Price
Reasonable. Kita merasa beruntung banget bisa dapat undangan single hardcover, pake amplop pulak, full colour, dan designnya bagus dengan harga yang menurut gue paling masuk akal diantara semua vendor undangan (dengan spek yang sama ya). Belom lagi kita dapat compliment: diketikin label nama - sumpah, sampe sekarang gue bersyukur banget terbebas dari drama ngetikin label undangan, nempelin label, plastikin undangan, dll... Sepele sih, cuma yang udah pernah ngerasain pegelnya bisa kebayangkan hihihi... 

Conclusion
Puas banget. Gue akan senang hati merekomendasikan vendor ini ke kalian. Gue gak mengalami kejadian vendor susah dihubungi, lelet, ataupun kejadian gak enak lainnya. Semua berjalan dengan semestinya, dan begitu terima hasilnya kita langsung bersyukur karena kekhawatiran gue selama ini gak terbukti.


Gue terima udah rapih dalam kondisi kayak gini. Setiap pak udah dilengkapi nama penerima undangannya.
Jadi sampe rumah, gue cuma tinggal cocokin list dan isinya sama apa enggak ^^

Caramel Wedding Card
Ko Effendy 
WA & Line : 0812 9001 9686 // BBM : 57A4810F
Lokasi: Vila Tangerang Regensi - Tangerang, Banten.
Instagram: @caramelcard

Wednesday, 4 May 2016

Sebulan Lagi

Kebanyakan kalau teman-teman atau saudara-saudara pada nanyain, persiapannya gimana? Udah sejauh apa? Apa aja yang masih kurang? Gue biasanya langsung jawab, udah hampir beres semua. Padahal kenyataannya mah kadang tak seindah itu hahaha, cuma beneran deh semakin gue pikirin, semakin gue pusing, jadi daripada gue lama-lama menjelma jadi gorila ya mending dibawa santai aja. Serius deh, semakin guenya relax, hey there's always a way out from God! 

Sebulan lagi...

Waktu cepat banget ya berlalunya, perasaan baru akhir tahun kemarin deh siapin ini-itu. Susah-seneng sama L cari-cari vendor, nego2, seleksi vendor, mana kita kan tight on budget jadi sebelum ambil keputusan mau pakai jasa vendor manapun harus dipikir masak-masak, kira-kira masuk budget gak, kalau budget oke nanti mereka kerjanya gimana, kualitasnya gimana. Sampai akhirnya kita berkesimpulan kalau oke, kita pakai jasa mereka dan berharap mereka bisa do the best di acara kita.

Kunci utamanya, gue dan L harus kompak. Ada sih cekcok dikit, biasalah ya dianggap bumbu-bumbu aja biar makin syedapp hahaha... Terlebih kita gak pakai jasa WO, jadi kita semua siapin sendiri dan pas acara nanti cuma bisa berserah semoga keluarga yang bantuin koordinir bisa bantuin dengan senang dan sepenuh hati.

Sebulan lagi nih....

Tentunya hal-hal sensitif kayak keuangan rumah tangga, udah kita omongin. Kita udah tau goal apa yang mau kita capai, tujuan jangka pendek, jangka panjangnya apa. Jadi kita bisa mulai siapin dan bisa hitung mau alokasiin berapa untuk masing-masing pos tsb. Termasuk ngomongin soal kreditan yang udah ada sebelum nikah hahaha jadi tanggungan siapa, berdua apa sendiri? Itu juga diomongin supaya sama-sama enak dan saling tanggung jawab sama kewajibannya masing-masing.

Juga L khususnya yang udah mulai ambil ancang-ancang buat masa depan kita berdua (dan anak-anak) nanti. Semoga apa yang dia kerjakan nantinya dapat berbuah kebaikan bagi kami khususnya. L selalu ingetin gue juga untuk selalu berkarya, walaupun suatu hari nanti mungkin gak bisa kerja kantoran lagi dan harus ngurus rumah tangga. Untuk yang satu itu, gue gak boleh lelah sampai menemukan passion gue apa.

Eh, kok tulisannya jadi serius gini yak?

Yaudah, emang tinggal sebulan lagi kan....

Jujur, udah pengen liburan banget nih. Bosan aku dengan penat dan enyah saja kau pekat. Loh kok jadi nyambung ke AADC?

Terakhir, mohon doanya ya teman-teman... Semoga kebaikan hati kalian dibalas dengan banyak berkat dari Tuhan. Amin :)