Wednesday, 30 September 2015

[Review]: Borobudur Village Inn

Ketika rencana untuk memburu sunrise Borobudur sudah dimantapkan, maka pekerjaan rumah selanjutnya adalah mencari penginapan. Berhubung gue ikutan tur Sunrise Borobudur Hotel Manohara, maka gue pun berencana booking kamar disana. Namun sayang sekali, saat gue telepon dua minggu sebelumnya, ternyata sudah full booked sampai tanggal 14 Agustus 2015 karena ada rombongan.

Gue pun mulai mencari-cari alternative hotel atau penginapan yang dekat dengan Hotel Manohara dan Candi Borobudur. Setelah membanding-bandingkan lokasi, harga, serta melihat berbagai review di tripadvisor, gue akhirnya memilih untuk stay di Borobudur Village Inn.

Borobudur Village Inn lokasinya dekat sekali dengan Candi Borobudur, hanya 600 meter. Inilah alasan pertama kenapa gue memilih B&B ini. Walaupun bentuk bangunannya sederhana seperti kos-kosan karyawan, tapi bangunannya terawat dan bersih. Cukup layak untuk dijadikan tempat melepas lelah setelah menempuh perjalanan jauh Tangerang-Magelang.

Gue booking kamar disini via traveloka.com dengan rate (kalau gak salah) Rp 308.000/malam. Cukup ekonomis jika dibandingkan dengan rate Hotel Manohara yang mencapai 4 kali lipat untuk kamar standardnya. Fasilitas yang didapat adalah AC, TV, Air Panas, WiFi, Sarapan, dan bisa pinjam sepeda. Hotelnya juga gak sulit dicari kok, pakai GPS aja nanti ketemu atau jika masih belum ketemu juga petugas hotel yang ramah bersedia menjemput dan mengantar kita ke hotel.


Neon sign hotel Borobudur Village Inn

Tampak depan hotel yang sederhana

Borobudur Village Inn hanya memiliki 4 kamar. Dua kamar berisi ranjang double-bed dan
dua kamar lagi beranjang twin-bed. 

Kamarnya sederhana tapi nyaman. 

Pertama kali menginjakan kaki di hotel ini, gue terkesan sekali dengan pelayanan ramah seorang Ibu di balik meja reception. Proses check in terbilang cepat dan gak bertele-tele. Kami langsung diantar ke kamar oleh seorang pemuda yang kemudian banyak ngobrol dengan kami mengenai tempat wisata di seputaran Borobudur ini sambil memberikan selembar peta yang berguna sekali :)

Kebetulan barengan kami ada juga sepasang turis bule yang juga lagi berlibur di Borobudur, mereka sering banget jalan-jalan dengan sepeda pinjaman dari hotel. Sesekali kami dapati mereka lagi santai-santai sambil buka laptop dan minum jus di restoran hotel. Nah untuk restorannya sendiri, dapurnya terpisah dari ruang makannya. Ruang makan terletak di depan kamar, berbentuk seperti "Saung" permanen berukuran besar, sedangkan dapurnya berada di belakang ruang reception.


Mini Resto, gambarnya pinjem dari sini.
Sarapannya dibuat berdasarkan pesanan, tinggal pilih mau Nasi Goreng atau Roti bakar. Minumannya juga pilih antara Teh manis atau Kopi. Tentu aja karena perut orang Indonesia gak bisa kalau gak makan nasi, pastinya kami pilih Nasi Goreng. Nasi Gorengnya disajikan dengan telur mata sapi, irisan ketimun, tomat, dan kerupuk, rasanya enak walaupun sepertinya agak kebanyakan lada. Rata-rata di Magelang ini, masak nasi gorengnya pakai irisan kol, sedangkan saya pribadi lebih suka nasi goreng tanpa sayur hehehe... Ohya, setelah sarapan, kami juga dikasih piring kecil berisi irisan buah semangka dan pepaya. Asik banget kan sarapannya, minimalis tapi nikmat.

Gue juga gak sengaja ngintip bon resto-nya Om Bule di kamar sebelah yang order di restoran, rata-rata harga masakan di resto ini murah-murah loh, belasan ribu saja. Gak beda jauh sama di kota asal kita. Jadi cukup hemat kan hehehe...

Kesimpulannya, kami semua puas bermalam disini. Tidur nyenyak, AC dingin, air panas juga lancar jaya keluarnya, sarapannya lumayan enak, ditambah lagi pelayanannya ramah dan cepat. Empat jempol untuk Borobudur Village Inn.

Bed & Breakfast
Jalan Daranindra No. 9 A Kujon, 56553 Borobudur, Indonesia
Tlp.: 0293-789 668

2 comments:

  1. Bagus ya ni hotel ternyata, udah beberapa kali lewat depannya cuma krn memang ga mo nginep jadi ga notice :D

    ReplyDelete

Sampai Nanti

Hola semuanya,  Entah sudah berapa lamanya ya gak nulis disini. Sudah ganti bulan banyak banget, malah sudah ganti tahun juga.  Gue j...