Posts

Showing posts from February, 2016

Benda-Benda Rohani Untuk Pernikahan Katolik

Image
Semoga gak ada yang protes ya karena hal kecil kayak gini gue bikin satu tulisan terpisah hihihi... Benda-benda rohani dan hubungannya dengan pernikahan Katolik apa sih? Jadi gini, sejauh gue suka datang ke acara pemberkatan pernikahan kerabat yang dilangsungkan di gereja Katolik, selalu ada sesi dimana orang tua menyerahkan benda-benda rohani kepada sepasang mempelai. Seperti yang gue kutip dari teks misa pemberkatan pernikahan, gunanya adalah:
"Anak-anakku terimalah Kitab Suci ini, yang berisikan Sabda Tuhan sendiri untuk membangun hidupmu berdua. Bacalah, renungkanlah dan laksanakanlah pesan-pesannya. Niscaya hidupmu berdua akan dipenuhi dengan rahmat kasih Allah, dan memancarkannya kasih Allah itu dalam setiap langkah kehidupanmu."
"Anak-anakku, terimalah Salib dan Rosario ini. Pandanglah dan pakailah untuk berdoa. Baik di saat suka maupun di saat duka. Niscaya kegembiraanmu akan berubah menjadi kebahagiaan yang tak dapat diambil dari hidupmu, dan dukamu akan menjadi…

Mempersiapkan Berkas Kanonik

Image
Setelah kemarin ikut KPP (ceritanya bisa baca disini), selanjutnya gue dan L harus mempersiapkan diri dan juga berkas-berkas yang diperlukan untuk mengajukan permohonan penyelidikan kanonik. Tujuan penyelidikan kanonik sendiri ada tiga, yang pertama adalah sebagai persiapan terakhir untuk perkawinan. Persiapan itu sudah dimulai dengan KPP dan disempurnakan dalam penyelidikan kanonik. Penyelidikan kanonik tidak cukup dengan mengisi formulir, tetapi harus diawali dengan bimbingan pastor untuk lebih memahami hakekat perkawinan katolik sehingga dapat menghayati dengan baik dan dapat mencapai apa yang dicita-citakan yakni kebahagiaan dalam keluarga. 
Tujuan kedua adalah untuk memastikan bahwa calon mempelai tahu dan dengan sadar serta penuh tanggungjawab menerima ketentuan-ketentuan hukum Gereja Katolik menyangkut perkawinan (perkawinan tak terpisahkan, seumur hidup, hanya satu pasangan dll). Perkawinan adalah sebuah keputusan dan kesepakatan pribadi yang bersifat bebas dan bertanggungjaw…

Katakese (Kursus) Persiapan Perkawinan

Image
Ada yang spesial ini pas Valentine, tentu bukan hal-hal yang berbau romantis-romantisan ya! kayak gak tau L aja, jauh beud dia dari kata lomantissss. Yang bikin spesial adalah karena tgl 13-14 Februari kemarin, gue dan L ikutan Kursus Persiapan Perkawinan yang belakangan oleh Romo Yahya judul kegiatannya diperbaiki dari "Kursus" menjadi "Katakese", mengapa? karena kegiatan ini tujuan utamanya bukan untuk dapat sertifikat KPP (walaupun sebenarnya iya) yang diperlukan sebagai salah satu syarat kanonik tetapi lebih untuk pembekalan calon pasutri yang akan membina hubungan pernikahan. 
Kami berdua mendaftar KPP di Sekretariat Gereja St. Monika dan rencana awalnya memang KPP akan diadakan disalah satu ruangan yang ada di komplek gereja. Namun dua minggu sebelum pelaksanaan KPP, kami dikonfirmasi bahwa tempat pelaksanaan dipindah ke Aula Gereja St. Ambrosius - Vila Melati Mas karena ruangan gereja yang akan dipakai sebelumnya sedang direnovasi. Untuk syarat-syarat yang …

Kampung Main Cipulir

Image
Awalnya bisa kepikiran jalan-jalan ke Kampung Main Cipulir (KMC) ini gegara nonton liputan di TV. Gak nyangka sih ada rekreasi alam murah-meriah apalagi lokasinya di Jakarta. Biasanya kan kalau mau rekreasi alam minimal melipir ke Bogor atau ke Bandung, tapi sekarang gak usah hihihi di Jakarta juga ada kok... Selain tiket masuk dan tiket permainannya yang murah meriah, yang bikin gue tertarik lagi main kesini adalah karena disini ada outboundnya hihiyyy... Sumpah antusias banget karena selama ini gue belum pernah nyobain outbound gitu, pengen banget manjat-manjat tangga, rasain meniti tali di udara #eaaa. Setelah berhasil membujuk L, adek gue, dan sang sepupu dengan kemampuan persuasif tingkat tinggi *ketawa ala mak lampir* akhirnya mereka mau ikutan (kalo L mah memang wajib hukumnya harus ikut supaya ada yang nyetirin hihi)
Karena mau nyobain outbound, dari rumah kita sudah pakai sepatu - kecuali adek gue yang kelewat males bersihin debu-debu di sepatunya (udah lama gak dipake soaln…

L’ORÉAL UV PERFECT

Image
Tepatnya sejak akhir tahun lalu, gue mulai rajin ngerawat kulit khususnya wajah. Selama ini perawatan yang gue lakukan sangat-sangat sederhana, yang penting rajin cuci muka pagi dan malam sebelum tidur, lalu jangan lupa pakai pelembab sebelum berangkat kerja, kalau lagi gak males setiap akhir pekan gue sempatkan peeling dan maskeran. Untuk produk-produk yang sehari-hari gue pakai benar-benar merk yang umum dan mudah ditemukan di minimarket hihi, sebut saja Sariayu, Garnier, dan Mustika Ratu :)
Beberapa kali skintest di SKII, seperti yang gue tulis dipostingan sebelumnya, salah satu masalah di kulit wajah gue adalah spot controlslashflek hitam. Berhubung sekarang masih perawatan untuk Texture Refinement untuk pori-pori jadi gue gak fokus ke spot control dulu, tapi tetap aja gak tinggal diam dong dan bulan lalu akhirnya gue putuskan untuk cobain sunblocknya L’ORÉAL UV PERFECT. 
Jujur ya, tadinya pengetahuan gue soal sunblock/sunscreen tuh awam banget deh, yang gue ngerti adalah yang pe…