Monday, 24 June 2013

Lokasi Foto Prewedding di Jakarta (Bag.1)

Entry kali ini sengaja gue tulis buat sahabatkuu, dimana sebelumnya gue terlibat chatting gakjebo ama dia dan berakhir dengan obrolan soal lokasi foto prewed outdoor di Jakarta. Berhubung gue ini sangat baik hati *plak* hehhee jadi gue tulisin aja disini supaya kalo dia lupa dia bisa tengok blog ini trus tinggal di-print deh.. hehhehe...

1. Pantai Indah Kapuk (PIK)
Sumber foto: De Caption Photography
Siapa yang nggak tau coba? kalo kalian lagi ceki-ceki portofolio wedding fotografer rata-rata sih pasti pernah foto disini. Lokasinya asri karena memang taman dengan banyak pohon-pohon rindang, ilalang, dan kalo gak salah ada danau juga disana. Gue sih gak pernah kesini tapi dari hasil fotonya sih bagus yah. Dulu saat teman kantor gue prewedding di tahun 2009, lokasi ini cukup ramai jadi pilihan dan kayaknya sekarangpun masih tetap bayak peminatnya walaupun udah gak sebanyak dulu sepertinya. 
Dari info yang gue dapat, biaya lokasinya sebesar Rp 500.000/ hari.
Tapi info dari bokapnya Leo biayanya cuma Rp 250.000 tapi mungkin beda kali ya krn waktu itu beliau cuma mao foto pemandangannya aja. Tertarik?


2. Kota Tua 
Museum Fatahillah - Sumber dari: sini
Lokasi yang satu ini juga pasti gak asing kan? bentuk bangunannya yang klasik, cocok banget buat yang mau foto preweddingnya bernuansa tempo dulu, bisa juga sewa sepeda ontel atau mobil antik disini supaya tambah asik. Beberapa tahun lalu, diriku pernah main kesini saat ada yang lagi foto prewed dan para 'model' tersebut otomatis jadi tontonan karena memang lokasinya lagi ramai disana dan disela-sela foto session banyak anak-anak kecil yang minta foto bareng. Untuk biaya, lokasi ini gratis kok tetapi untuk beberapa gedung (museum) ada yang mematok retribusi mulai dari Rp 75.000 sd Rp 150.000


3. Hutan Mangrove, Penjaringan, Jakarta Utara
Gambarnya dari sini!
Yang mau menghirup udara segar selama foto prewedding, boleh coba pilih lokasi ini. Di lokasi ini banyak sekali terdapat ribuan Pohon Pidada Rindang dan tanaman Bakau yang hijau, dan juga terdapat sungai. Ada juga jembatan yang terbuat dari kayu, selain berfungsi sebagai alat bantu untuk melewati rawa juga bisa jadi salah satu spot bagus untuk foto. Katanya perahu-perahu yang ada dipinggir sungai pun bisa disewa.
Untuk biaya sewanya gue liat disini, sekitar Rp 500.000- Rp 750.000,-


4. Cafe Batavia
Sumber foto: dari sini!
Ini lokasinya masih di komplek Kota Tua. Cafe ini bernuansa klasik ala Batavia jaman Belanda. Biaya sewanya Rp 2.500.000 untuk 2 (dua) jam pemotretan.


5. Pulau Bidadari
Benteng Martello - Gambarnya dari sini
Gue jadi suka lokasi ini sejak suka bacain blognya si Tina hehehe.. abis doi foto disini dan hasilnya baguuuuss... Ohya, kalo gue lihat dari info ini buat yg mau foto disini harus reservasi dulu lalu setelah mendapat jawaban baru deh bisa tentuin tanggal. Biaya yang dikenai oleh mereka adalah Rp 230.000,- per orang sudah termasuk transportasi perahu cepat (maksudnya perahu boat gitu kali yah?) dan makan siang.


6. Ancol
Baguuusss yaahhhh ^^ gambarnya dari sini
Masih dengan lokasi pantai, yang ini juga udah pasti tau dong yak.. Jembatan yang menuju Le Bridge Restaurant merupakan spot yang paling banyak disukai. Dulu pas main kesini sama teman-teman ada beberapa pasang calon pengantin yg lagi pemotretan. Waktu yang bagus menurut gue untuk foto disini adalah menjelang sunset atau malam hari :) Biayanya? gratis tapi masuk ancolnya bayar yah..


7. Dunia Fantasi (Dufan)
Bagus yah foto dengan background lampu-lampu dari carousel itu..
nb: sumber fotonya lupa, tapi ada watermark nama photografernya :)
Masih satu kompleks sama Ancol, dunia hiburan ini cocok buat yang suka foto dengan suasananya ceria dan lucu-lucuan. Tapi siap-siap diliatin pengunjung lain ya saat sesi foto apalagi di musim-musim liburan anak sekolah kayak gini. Denger2 kalo kita pake baju casual biayanya sama kaya tiket masuk dufan tapi kalo pakai long dress dll gitu harus minta izin dulu ke pengelola dan biaya izinnya gak murah juga sepertinya.


8. Museum Transportasi - TMII
Gambarnya dapat dari sini
TMII emang gak ada matinya yah, soalnya selain sebagai wisata budaya - museum-museum disini bisa dimanfaatkan buat lokasi foto juga.. hehehe... Ada anjungan rumah adat dan gak ketinggalan museum transportasi. Kalo dimuseum transportasi ini biasanya konsep fotonya fun gitu dengan latar kereta api uap jaman dulu serta beberapa kendaraan kuno. Biaya yang dikeluarkan kurleb Rp 150.000 tapi belom termasuk tiket masuk TMII-nya yah.


9. Museum Prasasti
sumber gambar dari sini
Dulu sempet ngebayangin juga prewed disini, soalnya dulu kebetulan pernah liat di de'caption hasil-hasil fotonya. Gue pernah kesini sama leo tapi udah lama bangett, mungkin pas baru-baru kenal kali yah. Itu juga gak sengaja karena memang kita abis dari Vincentius trus pulangnya lewat tanah abang.
Suasananya emang rada serem-serem gitu kan emang ini makam Belanda gitu, seinget gue dulu paling ngeri kalo ngelewatin kereta kencananya.


10.  Taman Kota II BSD City
Fotonya dapat dari sini
Lokasi taman ini letaknya di BSD City dekat Taman Tekno. Jangan kebalik ya soalnya ada taman kota 1 dan taman kota 2. Suasananya asri banget dan enaknya kalo kesini main sepeda ^^
Pas masuk area taman kita disambut sama jembatan gantung warna merah trus pas udah masuk taman bisa duduk-duduk deh dikursi tamannya. Izin lokasinya free, kalo ada satpam kasih uang rokok ajah.

***
Berhubung udah dapat 10 lokasi jadi entry kali ini gue stop dulu yah..
nanti lanjut di Part 2 :)